Gitar Akustik terbaik untuk pemula

Dapat bermain alat musik dengan piawai merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh sebagian orang, dalam hal ini banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dengan bermain musik dan melakukan kegiatan seni. Gitar adalah salah satunya, gitar merupakan salah satu alat musik yang paling populer didunia ini, dalam segala macam pertunjukan seni kita dapat hampir menjumpai alat musik yang satu ini, dari mulai gitar akustik, elektrik, maupun gitar klasik.

Gitar adalah alat musik yang memikat, tidak berhenti pada keretampilan bergitar saja namun banyak juga orang yang memainkan alat musik ini sembari menyanyikan lagu kegemaranya, tentu hal ini dapat membuat orang yang memainkanya dengan piawai mendapatkan perhatian khusus. Ditambah dengan keterampilan memainkan alat musik gitar kita akan menjadi seorang yang dapat menghibur orang lain, sebagai contohnya kita dapat menghibur teman saat berkumpul bersama-sama, atau bahkan alat musik gitar ini tidak jarang menemani kesendirian kita saat kita sedang bersedih hati.

Kali ini saya akan coba membantu memberikan sedikit informasi mengenai gitar akustik yang baik untuk pemula, tentunya saya tidak akan memberikan brand profesional dengan kualitas high end dan solid, namun kali ini saya akan membongkar spesifikasi gitar original yang menurut saya sangat baik dan terjangkau untuk para pemula. Tentunya gitar yang saya rekomendasikan adalah gitar yang memang pernah benar-benar saya coba mainkan dan saya rasakan kenyamananya. Harganya sendiri berkisar dari mulai 900 ribu -1.9 juta rupiah, namun mungkin akan lebih terjangkau jika membelinya pada online store, namun perhatikan juga kredibility toko dan ke-originalan produknya.

Cort AD810/AD810E

Cort adalah Brand gitar yang sudah mendunia dan banyak sekali digunakan oleh para pemula hingga profesional maupun para pembuat konten gitar di sosial media. Sehingga gitar dengan body Dreadnought ini masuk kedalam gitar yang saya sangat rekomendasikan, di buat dengan menggunakan material yang baik sehingga dapat menghasilkan suara yang ciamik dan mantap, dengan menggunakan spruce di bagian atas dan mahogany untuk bagian belakang dan samping, gitar Cort AD810/AD810E dapat memantulkan gelombang suara dalam akustiknya dengan sangat baik, suara yang renyah dan tentunya menghasilkan gema suara akustik yang cukup baik karena body gitarnya yang besar. Kelebihanya terletak pada grip yang menurut saya memang cukup nyaman kaerena jari-jari saya yang tidak begitu besar dan panjang, apalagi suara yang ditimbulkan merupakan bentuk suara yang saya sukai sehingga saya pun pada akhirnya menjadikan Cort jenis ini sebagai koleksi gitar dirumah.

Suara yang dihasilkan cukup garing dan kuat dibagian string bawah namun tidak begitu baik pada senar bass yang terkesan agak sedikit meredam. Dengan karakteristik ini kita dapat memainkanya dengan sedikit gahar karena saya rasa gitar ini cukup kuat dan tahan lama. Hal yang menurut saya kurang baik adalalah kayu rosewood pada fretboard yang masih terlihat agak kasar. Namun keseluruhan gitar ini adalah salah satu gitar yang saya sukai. Gitar ini akan menjadi sangat nyaman setelah mendapatkan setting yang baik, jika kalian tidak bisa menyeting gitar sendiri saya menyarankan untuk membawanya ke bengkel gitar untuk diset agar lebih nyaman saat digunakan.

Yamaha F310/FX310

Siapa yang tidak tahu Yamaha, brand yang satu ini memang tidak pernah mengecewakan, material yang baik, prosedur dan finishing yang mantap menjadi ciri khas alat musik Yamaha. Nah!! Kali ini adalah gitar sejuta umat Yamaha F310/FX310, gitar yang sangat menarik hati dengan body yang simple dan elegan membuat gitar akustik ini selalu bersinar di mata para pemain gitar. Gitar dangan body traditional western ini saya sangat rekomendasikan, dengan body gitar yang nyaman di pangkuan, berat body gitar yang terkesan cukup ringan namun menghasilkan nada yang dapat memanjakan telinga. Dengan body finnish Glosh yang kinclong membuat Yamaha F310/FX310 menjadi gitar yang popouler. Saya merasakan hal yang unik dan cukup mencengangkan karena gitar ini menghasilkan nada yang cukup seimbang di semua lini senarnya, suaranya sangat lembut untuk dapat dimainkan lagu-lagu selow nan indah.

Yamaha F310/FX310 menggunakan material yang baik, dengan spurce dibagian TOP dan agathis dibagian belakang dan sampingnya kalo tidak salah. Freetboard rosewood yang masih sedikit kasar karena karakternya agar tidak slip saat dimainkan, tuner yang sudah di lapisi chroom agar tidak mudah karatan mambuat gitar ini semakin enak dipandang. Namun menurut pandangan saya pribadi malah body yang glossy ini membuat Yamaha F310/FX310 kurang menarik, walaupun pada kenyataanya hal ini menjadi kelebihanya menurut mereka yang menggunakan gitar ini karena kesan kinclong dan mudah bibersihkan menggunakan kain halus.

Cowboy GWC-235NS/ GWC-235NA

Nah satulagi yang ga mau ketinggalan adalah gitar Cowboy GWC-235NS/ GWC-235NA. jujur saja saya memang baru mendengar brand gitar satu ini, namun setelah saya review dan coba memainkanya saya dibuatnya terkesima, kelembutan genggamanya cukup nyaman dan sangat baik jika mengingat harga yang ditawarkan disini cukup murah meriah dibanding gitar gitar lainya, saat itu saya memainkanya dengan menggunakan senar D’addario EZ900 .010-.050.

Tampilan gitar ini sangat membuat saya terkesima, dengan seratserat alami dan finishing yang terkesan sangat natural membuat saya juga berniat mengoleksinya. Suara yang ditimbulkan cukup baik dan bisa bersaing dengan gitar-gitar dikelasnya, tune yang dihasiljkan sangat berasa full dan bright, apalagi body gitarnya yang menurut saya tidak begitu berat membuat mobilitas menjadi semakin nyaman. Ehh ingat walaupun bodynya tidak berat namun suara yang dihasilkan cukup heavy untuk tune akustik yang keluar. Dengan neck menggunakan mahogany dan selected spurce dibagian top body membuat gitar ini menjadi idola saat ini. Saya menyarankan senar ukuran .010-.050 untuk penggunaan gitar ini dan jangan lupa set ulang untuk kenyamanan grip dan kenyamanan saat memainkanya.

Ibanez V50NJP

Siapa yang tidak mengenal brand gitar Ibanez?, tentu sebagai brand gitar ternama Ibanez harus mengeluarkan versi terjangkaunya dong untuk dapat bersaing? Nah kalo ini saya akan mencoba mendeskripsikan Ibanez V50NJP milik teman saya yang saya pernah saya coba mainkan.  Ibanez V50NJP menurut saya memiliki keistimewaan di bagian suara yang dihasilkan, saya bisa bilang gitar ini memiliki kualitas suara yang balance dan sangat baik di bagian mid namun tidak mematikan bagian bass dan string bagian bawah. Dipadukan dengan senar gitar seperti Elixir ataupun D’addario original tentunya akan menjadi paduan sempurna.

Menggunakan material yang baik Ibanez V50NJP menggunakan spurce dibagian top dan Agathis di bagian belakang dan sampingnya, dengan body berukuran 4/4 gitar ini memberikan tune yang sangat baik, grip yang mantap saat digenggam, dengan menggunakan kayu nandu untuk bagian freetboard memberikan kesan yang halus pada jari saat sedang dimainkan, memiliki double inlay di bagian freet dan top freet, ditambah dengan body yang full glossy yang membuat gitar ini terkesan sangat mewah. Namun kita tetap harus set ulang gitar sesuai kenyamanan kita, seperti gitar-gitar sebelumnya Nut material dan saddle masih meggunakan plastik, kita bisa mengupgradenya dengan menggunakan tulang atau steel agar lebih baik.

Yamaha FS100C

Yamaha lagi? Ya. , Yamaha FS100C memang memiliki keistimewaan karena cukup banyak digunakan oleh pemain gitar pemula maupun profesional, walaupun tidak sepopuler FX310. Kali ini Yamaha FS100C sedikit berbeda dengan tipe F310/FX310 karena memiliki body cutaway agar pemain gitar dapat mengakses nada tinggi pada freet yang sulit di jangkau, tidak seperti body dreadnought body, gitar ini sedikit lebih langsing dan terasa lebih playable.

Untuk material yang digunakan memang sama persis dengan F310/FX310 namun yang membedakan adalah body guitar yang mengesuaikan karakter si gitaris itu sendiri. Dengan body glosh finnish dan matt di bagian neck menjadi ciri khas brand Yamaha. Suara yang dihasilkan juga tentyunya memiliki khasanah yang kaya dan seimbang seperti yang saya telah jelaskan di atas pada bagian Yamaha F310/FX310. Untuk kenyamanan dipangkuan, inilah salah satu yang terbaik.

Cort SFX ME

Gitar Cort yang satu ini adalah gitar dengan body Single cutaway dan memiliki lekukan yang terlihat lebih sexy dibanding Cort AD810/AD810E yang terkesan flat dan memiliki body yang jumbo. SFX ME ini menghasilkan suara bright, crisp dan getaran yang melow pada tune akhir pada setiap petikan senar, ditambah kerampingan body gitar yang membuat mid sangat dominan membuat gitar ini memiliki ciri khas suara yang intense, lebih clear dan clean, resonansi gema yang tidak begitu terasa karena body gitar yang  lebih tipis dan terasa lebih kokoh juga mantap.

Material yang digunakan tentu saja material dengan kualitas baik dan proses finishing yang sempurna, memiliki 20 freets dan menggunakan die cast tuner di bagian pangkal gitar, penggunaan rosewood di bagian freetboard dan bridge menjadi ciri tersendiri pada gitar bermerk Cort ini dan double inlay berwarna putih memudahkan kita mengingat nada saat sedang bermain si sexy yang satu ini. Keunggulanya adalah menghasilkan suara yang clean dan intense saat mode elektriknya dinyakan.

Berikut diatas adalah gitar yang saya rekomendasikan bagi pemula, ada baiknya semua gitar yang baru dibeli kembali di set di bengkel gitar yang memiliki kredibilitas yang baik, karena menurut saya itu akan membuat permainan pada gitar lebih terasa nyaman pada grip, jari-jari dan kerapatan senar, walaupun suara yang dihasilkan tidak berubah banyak karena semua gitar memiliki karekter yang berbeda-beda. Kembali juga saya menyarankan untuk pemakaian senar yang baik dan memenuhai karakter yang diinginkan, Pastikan perawatan dilakukan dengan baik agar gitar menjadi lebih awet dan lakukan pergantian senar secara berkala bila perlu untuk kebaikan suara yang dihasilkan dan juga menyamanan saat memainkan alat musik yang satu ini.

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑